Karena Aku Wanita

Pernah kah terpikir bagaimana jadinya dunia ini ketika para wanita bahu membahu mensupport setiap pergerakan kehidupan dan diberikan ijin untuk menekuni bidang yang menjadi ketertarikan juga panggilan hidupnya?

Bukan di kurung dalam “istana” atas nama rumah hanya untuk melakukan pekerjaan rumah tangga yang sebenarnya menjadi tanggung jawab dua belah pihak. Yass, masih banyak yang berpikiran kalau rumah tangga itu ya urusannya wanita saja. Titik.

Wanita bukan makhluk lemah, bahkan tidak tercipta untuk menjadi lemah. Walaupun doktrin dunia meminta dan mencuci otak setiap insan bahwa wanita adalah makhluk lemah – yang kemudian dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang merugikan tubuhnya atau kecerdasannya (yang “di tekan”). Wanita justru memiliki kekuatan yang hanya terlihat ketika dirinya “masuk ke dalam bara api kehidupan”. Sayangnya, banyak wanita “di penjara” supaya tidak meng-unleash kekuatannya ini – ya, karena di satu sisi ketika kekuatan itu muncul maka benang-benang yang terikat disekujur tubuh wanita itu akan terlepas. Ia tidak lagi menjadi “boneka” yang bisa dimainkan kapan pun si pemain boneka inginkan.

Seperti prajurit wanita Amazon yang terkenal dan terlukiskan dalam film Black Panther – indahnya keteguhan dan ketegaran wanita saat mereka mendedikasikan dirinya untuk negara, atau Red Sparrow yang juga mengupas kekuatan wanita yang bekerja atas nama negara walaupun lengkap dengan sisi kegelapan tubuh telanjangnya, atau mungkin film terbaru Lara Croft dimana kecerdasan dan kekuatan wanita dipertontonkan dengan sangat explicit.

Untuk para wanita, sudahkah kalian empower sesama wanita untuk terus semangat mengejar impiannya dan melakukan apapun yang ingin dia lakukan? Se-maskulin apapun bentuknya. Se-extreme apapun itu di mata kita sebagai wanita.

Untuk para pria, sudahkah kalian memberikan kesempatan dan berbagi skill dengan wanita untuk membantunya menjalani kehidupan dan menjadi mandiri sebagaimana (by default) kalian dibentuk dan diajarkan?

In my muse,
~A~

P.S. Happy International Women’s Day! 💛✨
Semoga semakin hari semakin tipis gap gender yang ada dan kita sebagai wanita pun akhirnya diijinkan untuk benar-benar berdiri sejajar dengan kaum pria di dunia ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s