Pengajar Muda

Ada cerita sedih di balik pertanyaan seseorang yang membuatku ingin memposting quote ini skaligus flash-back. Sebut saja Sara, dia seorang anak dengan usia relatif muda di sebuah organisasi yang di dominasi dengan orang-orang yang berusia lebih tua darinya. Di situ, dia merasa usia-nya menjadi “batu sandungan” untuk berkembang. Pertanyaan yang Sara ajukan membuatku termenung dan justru ingin bertemu langsung dengannya: “Kak, bagaimana caranya menyakinkan orang yang lebih tua secara usia kalau saya mampu mengajar?”.
every child
**
Berbeda dengan apa yang Sara alami, aku justru beruntung memiliki senior-senior yang mempercayaiku dan menugaskanku untuk mengajar di kala diriku masih duduk di bangku kelas 6 SD! 😅 (lupa, dulu gak bisa nolak ngajar karena apa ya?)
6 SD sudah ngajar? Ngajar apa? Ngajar dari pengalaman dan dari apa yang sudah didapatkan dari para senior. Karena usia sekolah dasar adalah usia explorasi dari sekitar dan apapun yang diajarkan lebih mudah ditiru bahkan dikembangkan. Pengalamanku mengajar di usia jagung itupun membuatku merasa lebih nyaman ketika di minta untuk mengajar saat ini – karena aku tahu yang ku lakukan.
Mungkin kah, kalau keadaan di balik, di saat kita sudah menjadi dewasa seperti ini dan kita memberikan kesempatan kepada anak-anak muda di bawah kita untuk mengajar, walaupun dia masih berusia 10 tahun sekalipun, maka, ketika kita menyadari kalau salah satu dari anak-anak tersebut justru menemukan panggilan hidupnya sebagai guru/pengajar, bukankah itu artinya kita sudah melakukan regenerasi dengan baik? Dan suatu saat nanti, ketika dia beranjak dewasa dan dia teringat untuk kesempatan mengajar yang kita berikan kepadanya… Bukankah dia akan merasa bahagia, berarti dan berterima kasih atas kesempatan yang boleh dia terima? Dan kita, sebagai seniornya pun artinya sudah memberikan kesempatan kepada generasi penerus kita.
Hmmm… Bagaimana pendapatmu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s