Tidak Hanya Akademik

Apakah akan kita biarkan anak-anak kita di nilai hanya dari pencapaian akademiknya?Dari setiap angka yang tertoreh pada lembar putih di setiap semester yang kita terima? Ataukah kita akan membiarkan juga mereka mendapatkan nilai yang tidak tertoreh di lembar putih namun melekat pada dirinya, lembar kehidupannya?

Apakah hanya sisi hafalan textbook dan juga pemahaman akan apa yang mereka baca dan bisa mereka tuliskan kembali di saat ujian yang mutlak menjadi ukuran keberhasilan mereka sebagai seorang manusia?

Ataukah sisi yang tidak didapatkan melalui textbook akan pemahaman terkait perbedaan juga freewill setiap manusia dan bagaimana perjuangan hidup sesungguhnya bisa menjadi nilai tersendiri yang mendukung keberhasilanya?

Ada baiknya kita mulai memahami bahwa keutuhan hidup kita ini tidak hanya bergantung dari akademik semata. Mendapatkan nilai bagus dari sisi akademik tentunya merupakan prestasi tersendiri, namun prestasi itu tidak akan ada artinya apabila karakter kita justru lebih mendukung keberadaan kegelapan di dunia ini.

Karena…
Akan tiba waktunya nanti, ketika kita menyadari sepenuhnya bahwa tidak hanya akademik yang bisa menjadikan kita pribadi yang unggul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s